Search

Sabtu, 30 Oktober 2010

Serangan Jepang


Penyerbuan pasukan Jepang terjadi sejak tahun 1931 dan saat itu Jepang menyerang Manchuria bagian timur laut China. Dan pada tahun berikutnya serangan pasukan Jepang semakin meluas. Pada tahun 1937 Jepang menyerang China dan pasukannya berhasil memporak-porandakan kota Beijing, dan berhasil merangsek ke kota Shanghai. Setelah penyerbuan tersebut wilayah Ekspansi Jepang di Asia Timur semakin luas.
Dan setelah penyerbuan tersebut pasukan Jepang menyerang wilayah bagian Indochina untuk memperluas kekuasaannya di Asia. Pada awalnya Jepang hanya ingin menyerang negara-negara di bagian Asia Timur. Namun akhirnya diperluas hingga ke Indochina. Oleh sebab itulah Jepang menyebut dirinya ''Jepang Cahaya Asia, Jepang Pelindung Asia, dan Jepang pemimpin Asia''.
Namun pasukan Jepang juga bertempur dengan pasukan Soviet pada tahun 1939 di Khalkhin Gol. Perang yang berawal karena Soviet tidak akan membiarkan Jepang memperluas kekuasaannya di Mongolia-Siberia itu terjadi pada 11 Mei 1939 dan berakhir pada 15 September 1939 ini diakhiri oleh kemenangan tentara Soviet dan menyerahnya tentara Jepang.

Perjanjian ''Blok Axis'' 3-Negara Poros
Pada tahun 1940, 3 Negara Poros (Jerman, Jepang, dan Italia) membuat sebuah perjanjian yang disebut perjanjian 3 Negara Poros. Perjanjian tersebut berisi tentang blok Axis yang akan membuat sebuah tatanan dunia baru yaitu Jerman dan Italia akan membangun Eropa sedangkan Jepang akan membangun di Asia Timur dan bagian Asia lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar