Search

Memuat...

Sabtu, 30 Oktober 2010

Serangan Jepang


Penyerbuan pasukan Jepang terjadi sejak tahun 1931 dan saat itu Jepang menyerang Manchuria bagian timur laut China. Dan pada tahun berikutnya serangan pasukan Jepang semakin meluas. Pada tahun 1937 Jepang menyerang China dan pasukannya berhasil memporak-porandakan kota Beijing, dan berhasil merangsek ke kota Shanghai. Setelah penyerbuan tersebut wilayah Ekspansi Jepang di Asia Timur semakin luas.
Dan setelah penyerbuan tersebut pasukan Jepang menyerang wilayah bagian Indochina untuk memperluas kekuasaannya di Asia. Pada awalnya Jepang hanya ingin menyerang negara-negara di bagian Asia Timur. Namun akhirnya diperluas hingga ke Indochina. Oleh sebab itulah Jepang menyebut dirinya ''Jepang Cahaya Asia, Jepang Pelindung Asia, dan Jepang pemimpin Asia''.
Namun pasukan Jepang juga bertempur dengan pasukan Soviet pada tahun 1939 di Khalkhin Gol. Perang yang berawal karena Soviet tidak akan membiarkan Jepang memperluas kekuasaannya di Mongolia-Siberia itu terjadi pada 11 Mei 1939 dan berakhir pada 15 September 1939 ini diakhiri oleh kemenangan tentara Soviet dan menyerahnya tentara Jepang.

Perjanjian ''Blok Axis'' 3-Negara Poros
Pada tahun 1940, 3 Negara Poros (Jerman, Jepang, dan Italia) membuat sebuah perjanjian yang disebut perjanjian 3 Negara Poros. Perjanjian tersebut berisi tentang blok Axis yang akan membuat sebuah tatanan dunia baru yaitu Jerman dan Italia akan membangun Eropa sedangkan Jepang akan membangun di Asia Timur dan bagian Asia lainnya.

Minggu, 24 Oktober 2010

Jatuhnya Perancis ke Tangan Jerman


Pada awal Juni 1940 Jerman menyerang perbatasan Perancis dan akhirnya behasil masuk ke kota Paris. Dan pada tanggal 14 Juni 1940 pasukan Nazi Jerman berhasil menduduiki kota Paris. dan para serdadu Jerman berbaris di pintu gerbang kota Paris. Setelah pendudukan dan jatuhnya kota Paris di tangan Jerman Adolf Hitler selaku pemimpin Nazi Jerman langsung segera menuju kesana, dan berharap bahwa Inggris akan gentar setelah mengetahui bahwa Perancis telah jatuh ke tangan Jerman.

Serbuan Nazi Jerman

Pada bulan April, pasukan Jerman menyerang Denmark, dan Norwegia. Denmark memihak kepada Jerman, sedangkan Norwegia berbalik memusuhi Jerman. Akhirnya Inggris pun turun tangan dan langsung menyerbu Norwegia, akan tetapi serbuan dan bantuan Inggris ke Norwegia tersebut dapat digagalkan oleh pasukan Nazi Jerman. Dan akhirnya pad 9 Juni 1940 Norwegia jatuh ke tangan Jerman.

Pada tanggal 10 Mei 1940, pasukan Nazi Jerman menyerbu Belgia, Belanda, dan Luxembourg. Luxembourg akhirnya memihak kepada Jerman tanpa adanya perlawanan, namun Belgia dan Belanda berbalik memusuhi Jerman, namun akhirnya pada tangga; 14 Mei Belanda menyerah dan akhirnya Jatuh ke tangan Jerman.

Selasa, 12 Oktober 2010

D-Day

''D-Day'' adalah sebutan Militer Hari-H dimana sebuah penyerangan(agresi) besar akan segera di lakukan, Normandy Landings 6 Juni 1944, ribuan tentara Amerika menyerbu pantai Omaha di Normandia, Perancis. Serbuan massal itu melibatkan sejumlah negera sekutu, seperti Canada, Perancis merdeka, dan Inggris, pantai-pantai yang diinvasi adalah Sword Beach, Juno Beach, Gold Beach, Omaha Beach, dan Utah Beach, sementara jangkauan invasi sekutu lainnya adalah di Pointe du Hoc. Malam sebelumnya adalah malam invasi untuk divisi airborne(Pasukan terjun payung), dari Inggris dan dari Amerika.
Pendaratan pasukan terjun payung Inggris:
Floodplain, Orne, Dives, City of Caen ke Seine.
Pendaratan pasukan terjun payung Amerika:
Di belakang garis pertahanan Nazi Jerman yang akan mengirimkan sejumlah pasukan ke Pantai Omaha(Karena misi airborne Amerika adalah untuk memblokade bantuan yang akan dikirim ke Pantai Omaha)

Pantai Omaha sendiri adalah pertahanan terkuat Nazi Jerman dalam mempertahankan Perancis dari invasi Sekutu, Pertahanan Nazi Jerman di Pantai Omaha ini disebut ''Atlantic Wall'' yang berhasil menghancurkan sebagian bala tentara pasukan Amerika di pantai tersebut namun akhirnya dapat ditembus.

Sabtu, 09 Oktober 2010

Winter War (Soviet-Finlandia)


Pada 30 November 1939 Uni Soviet menyerbu Finlandia dengan jumlah pasukan yang sangat besar.
Pasukan yang dikirimkan ini diharapkan dapat membuat pasukan pertahanan Finlandia menyerah dengan cepat. Namun pasukan Finlandia berhasil bertahan cukup lama hingga berbulan-bulan.

Serbuan Pasukan Soviet, dipimpin oleh Andrei Zhdanov, Strategi Kliment Voroshilov:
-Pasukan ke-7 berada di Karelian Isthmus dan menuju ke kota Viipuri, lalu digantikan oleh pasukan ke-13
-Pasukan ke-8 berada di danau Ladoga dan berhasil menerobos garis pertahanan Mannerheim pada awal Januari 1940
-Pasukan ke-9 memotong laju pertahanan pertama pasukan Finlandia
-Pasukan ke-14 berada di Murmansk, kemudian menerobos Petsamo, dan menaklukkan kota Rovainemi

Dan pada tanggal 12 Maret 1940, Finlandia mengadakan perjanjian damai dan memberikan Uni Soviet beberapa wilayah penting di Finlandia

Blitzkrieg


Pada September 1939, pasukan Nazi Jerman maju untuk menyerang Polandia, jumlah pasukan yang sangat mengagumkan ini membuat pertahanan pasukan Polandia tergoyahkan, setelah hanya beberapa minggu saja serangan kilat(Blitzkrieg) telah membuat sebagian perbatasan dan kota serta beberapa fasilitas umum hancur lebur, Jerman mengerahkan ''Luftwaffe'' (pasukan udara Jerman) dan ''Panzer'' (pasukan kendaraan lapis baja Jerman) dan keberhasilan pasukan Nazi di saat itu adalah serangan kilat itu menyebabkan jatuhnya Ibukota Polandia ''Warschau'' (dalam bahasa Jerman) yaitu Warsawa ke tangan Jerman, dan pada akhir September 1939 Jerman mengadakan rencana untuk menyerang kota Danzig untuk memeperluas kekuasaannya di negeri Polandia.
Namun sebelumnya pasukan Soviet dengan gerak cepat pula langsung menyerbu Polandia dari front timur, akhirnya Jerman dan Soviet membagi Polandia menjadi 2 bagian atas mereka, Polandia sebelah barat milik Jerman dan Polandia sebelah timur milik Uni Soviet. Namun setelah Jerman menyerang kota Danzig pada akhir September 1939 itu berarti telah melanggar perjanjian batas wilayah kekuasaan di Polandia oleh kedua negara tersebut, dan akhirnya sejak saat itulah Uni Soviet berbalik memusuhi Jerman.